AllGoBlog.com

goblog anything and everything

Menu

Single Board Computer

13/07/2017 | Hardware Info, Info

RASPBERRY PI 3 MODEL B

Sebuah single board computer atau sering di singkat SBC merupakan komputer yang dibangun pada papan sirkuit tunggal, diman adalam sirkui tunggal  sudah terdapat mikroprosesor, memori (RAM), input / output (I/O) dan fitur lain yang dibutuhkan pada sebuah komputer fungsional. SBC dibuat termasuk sebagai platform pengembangan sistem, untuk sistem pendidikan, atau untuk digunakan sebagai pengendali komputer tertanam (embedded). Banyak jenis komputer portabel yang mengintegrasikan semua fungsi mereka ke sebuah papan sirkuit tunggal seperti SBC ini.

Berbeda dengan desktop dan komputer pribadi,  single board microcomputer adalah komputer dalam sebuah board. Artinya apapun yang bisa dilakukan oleh komputer bisa dilakukan oleh SBC. SBC saat ini memiliki memori yang besar (128 MB-2 GB, bahkan sebagian sudah lebih), memiliki external storage (SD Card/USB disk), dan memiliki prosessor dalam dengan kecepatan ratusan megahertz sampai gigahertz, sebagian bahkan sudah quad core.

Raspberry Pi Zero W

Sebuah SBC biasanya memiliki sebuah sistem operasi (biasanya Linux, FreeBSD, atau OS open source lain), dan kita bisa menjalankan program dalam bahasa apapun di situ (misalnya: C, Python, bahkan Lisp atau prolog).  Meskipun biasanya punya sistem operasi, kita bisa saja memprogramnya tanpa sistem operasi.

Kemampuan komputasi sebuah SBC biasanya sangat besar, bisa memproses audio, foto dan bahkan video (misalnya mengenali wajah dalam video). Ini adalah contoh hal-hal yang tidak bisa dilakukan oleh microcontroller (walaupun dalam batas tertentu microcontroller bisa memproses data yang cukup rumit).

Jika SBC ini kemampuannya sama dengan PC, kenapa tidak memakai PC saja? SBC ini memiliki penggunaan daya yang sangat rendah (<5 watt) dibanding dengan PC (desktop biasanya > 70 watt, sedangkan HTPC > 30 watt), dengan pengunaan daya yang sangat kecil, maka kita bisa memakai batere sebagai sumber powernya. Ukuran SBC juga sangat kecil dan ringan (misalnya bisa diterbangkan dengan balon udara).

Perbedaan lain SBC dengan PC biasa adalah: ada pin-pin GPIO (General Purpose Input Output) yang bisa dihubungkan dengan device “apapun” (ada batasan kecepatan, jadi sebenarnya tidak 100% apapun). PC lama memiliki port serial, parallel, game port, dsb yang bisa dihubungkan dengan banyak hardware eksternal, tapi PC baru biasanya hanya memiliki konektor display, ethernet, dan USB.

Sebuah SBC memiliki banyak komponen, dan diproduksi secara khusus. Yang saya maksud dengan sangat khusus adalah: diperlukan hardware dan keahlian untuk membuat sebuah SBC. Chip yang digunakan umumnya menggunakan packaging BGA (Ball Grid Array) yang tidak bisa disolder dengan solder biasa.

Dalam banyak kasus, kita tidak perlu tahu mengenai proses produksi ini, tapi ketika kita sudah menyelesaikan sebuah prototipe dan ingin merilis produk, komponen-komponen ekstra yang tidak dipakai akan menambah biaya dan penggunaan daya. Ini sebabnya mengapa beberapa SBC memiliki beberapa versi, misalnya Raspberry Pi memiliki beberapa variasi, Orange Pi bahkan lebih banyak variasinya.

Related For Single Board Computer